Laman

Minggu, 19 Februari 2012

Tugas 5 Mengenal Model Referensi OSI Layer

Tugas 5. OSI Layer

WIDIAH AYUARTI (100213306155)
Mata Kuliah Jaringan Informasi Digital
Program Studi D3 Perpustakaan
Universitas Negeri Malang

Dosen Pembimbing : Moh. Safii, S.Kom

Oleh
Kelompok 7:

Puspita Juni (100213300538)
Refiana Nur Solecha (100213306147)
Sri Juwita M (100213300533)
Widiah Ayuarti (100213306155)
Winda Hanifa (100213300537)
Model referensi OSI (Open System Interconnection) menggambarkan bagaimana informasi dari suatu software aplikasi di sebuah komputer berpindah melewati sebuah media jaringan ke suatu software aplikasi di komputer lain. Model referensi OSI secara konseptual terbagi dalam 7 lapisan dimana masing-masing lapisan memiliki fungsi jaringan yang spesifik, seperti pada gambar di bawah ini.
Model Referensi OSI Layer
Model Referensi OSI Layer
Model ini diciptakan berdasarkan sebuah proposal yang dibuat oleh the International Standart Organization (ISO) sebagai langkah awal menuju standarisasi protokol internasional yang digunakan pada berbagai layer. Model ini disebut OSI ISO (Open System Interconnection) Reference Model karena model ini ditujukan bagi pengkoneksian Open system. Open system dapat diartikan sebagai suatu sistem yang terbuka untuk berkomunikasi dengan sistem-sistem lainnya. Untuk ringkasnya, kita menyebut model tersebut sebagai model OSI saja.
Perlu kita ketahui bahwa model OSI itu sendiri bukanlah merupakan arsitektur jaringan, karena model ini tidak menjelaskan secara pasti layanan dan protokolnya untuk digunakan pada setiap layernya. Model OSI hanya menjelaskan tentang apa yang harus dikerjakan oleh sebuah layer. Akan tetapi ISO juga telah membuat standar untuk semua layer, walaupun standar ini bukan merupakan model referensi itu sendiri. Setiap layer telah dinyatakan sebagai standar internasional yang terpisah.
com-layers
Beberapa Protokol yang digunakan pada OSI Layer
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai OSI Layer, mulai dari sejarah OSI, definisi OSI, fungsi 7 lapisan OSI layer, karakteristik tiap lapisan, komponen layer, protokol dalam 7 layer OSI, kelemahan dan kelebihan OSI, serta cara kerja model OSI layer.
Untuk selengkapnya Anda bisa mendownloadnya disini
Setelah Anda membaca artikel kami, alangkah baiknya Anda memutar video dibawah ini untuk memudahkan pemahaman Anda tentang OSI Layer.
1. Mengenal Jaringan dan OSI
 2. Physical Layer
3. Data Link Layer
4. Network Layer dan Transport Layer
5. Session Layer
6. Presentation layer
7. Application Layer
8. Cara Kerja OSI Layer
Semoga postingan ini bermanfaat…. :) terima kasih….      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar